Jumat, 09 Januari 2009

Peluang Bisnis Tanaman Hias Masih Menjanjikan


JAYAPURA-Peluang bisnis tanaman hias di Kota Jayapura masih terbuka lebar atau prospektif untuk ke depannya. Hal ini tak lepas dengan adanya tanaman hias atau bunga-bunga hasil hybrid yang mulai banyak masuk ke Jayapura.
"Hampir setiap 2 bulan, kami mendatangkan tanaman hias atau bunga hybrid atau hasil persilangan yang baru. Biasanya kami datangkan dari Jakarta, Malang, Bogor dan Bandung," ungkap Merry, Pemilik Mertasari Taman, Waena ketika ditemui Cenderawasih Pos, Selasa (26/6) kemarin.
Apalagi, kata Merry, penjualan bunga dan tanaman hias ini tidak pernah putus, meski telah hadir bunga atau tanaman hias hasil hybrid yang baru masuk ke Jayapura ini, dimana bunga-bunga dan tanaman hias yang lama ini masih tetap dicari oleh masyarakat dan tersedia dalam berbagai macam.
Merry mengungkapkan, penjualan bunga dan tanaman hias ini dari waktu ke waktu mengalami peningkatan yang cukup signifikan, bahkan hingga mencapai 50 persen. Hal ini, menurutnya, karena tak terlepas dengan masyarakat Kota Jayapura yang mulai berminat terhadap tanaman hias dan bunga ini.
Yang paling diminati saat ini, lanjut Merry, seperti bunga eforbia, bunga bougenvil sambung, bunga aglonema dan bunga kamboja. Namun, juga bunga-bunga lain masih diminati, termasuk bunga-bunga yang dianggap oleh pembeli unik, seperti tanaman dalam bentuk kecil namun telah berbunga.
Tidak hanya tanaman dan bunga yang mengalami peningkatan penjualan saja, tetapi kata Merry, bisnis lain turunan tanaman hias seperti media tanam juga mulai mengalami peningkatan.
Hal senada diungkapkan oleh Agus, Pemilik Bukit Berbunga Waena, bahwa peluang bisnis tanaman hias dan bunga ini masih terbuka lebar di Kota Jayapura ini, meski telah hadir banyak pengusaha yang melirik bisnis ini.
"Usaha ini, sebenarnya bagi mereka yang mengerti tentang seni dan keindahan. Trend bunga dan tanaman hias ini tergantung dari image seseorang, relatifitas seni dan adanya penemuan-penemuan bunga atau tanaman hias baru hasil hybrid, yang kini mulai kami pasok ke Jayapura," ujarnya.
Bunga-bunga baru yang diminati ini, seperti bunga aglonema, kamboja dan eforbia. Untuk harga bunga ini, diakui memang bervariasi mulai dari yang termurah Rp 10 ribu hingga mencapai jutaan, seperti bunga dan tanaman baru yang diminati, yakni Aglonema yang ditawarkan termurah hingga ratusan ribu, bahkan harga sampai jutaan, bunga kamboja dari Rp 30 ribu hingga Rp 2 jutaan.
Saat ini, diakui, tidak saja bunga dan tanaman hias yang prospektif, penjualan berbagai media tanam yang didatangkan dari Jawa juga banyak diminati. Media tanam ini, seperti kokopet yang dijual Rp 10 ribu.sak, pasir malang yang dijual Rp 50 ribu/karung, sekam bakar yang dijual Rp 10 ribu - Rp 15 ribu/sak dan destra yang dijual Rp 15 ribu/sak.(bat)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda